Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Batrai Handphone Anda

Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Batrai Handphone Anda

Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Batrai Handphone Anda – Battery Health iPhone menjadi fitur yang diberikan Apple kepada pengguna iPhone untuk memantau kesehatan baterai secara lebih akurat. Fitur ini memberikan tampilan persentase penggunaan baterai harian dan siklus baterai. Selain itu, fitur ini juga akan memberikan informasi terkait kesehatan baterai.

Masa penggunaan smartphone yang lama menjadi hal paling dibutuhkan sehingga menjaga kualitas battery health iPhone menjadi hal penting yang harus dilakukan. Kondisi baterai yang sehat akan menjaga performa iPhone menjadi tahan lama dan nyaman digunakan. Berikut ini ada sejumlah cara efektif untuk menjaga battery health iPhone sehingga bisa tetap sehat dan awet.

Baca Juga: 7 Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Batrai Iphone

Jangan Sering Menggunakan Powerbank


Menggunakan powerbank sesekali memang tidak masalah, apalagi dalam keadaan bepergian. Namun pemakaian powerbank yang cukup sering dapat merusak battery health iPhone.. Jika dalam keadaan mudah menemukan sumber listrik, maka sebaiknya iPhone diisi daya menggunakan charger.

Menjaga Suhu iPhone


Suhu berlebih pada iPhone memang akan memakan banyak daya hingga merusak baterai. Setiap pengguna harus bisa menjaga kondisi suhu iPhone dalam keadaan stabil atau tidak terlalu panas. Kondisi seperti ini juga berlaku pada jenis smartphone maupun perangkat lainnya. Ada sejumlah cara yang bisa pengguna lakukan agar iPhone tetap pada suhu aman. Salah satunya dengan tidak menggunakan iPhone di bawah terik matahari, tidak menggunakan iPhone pada saat melakukan isi daya, hingga tidak membiarkan iPhone melakukan aktivitas berat dalam waktu yang cukup lama.

Menggunakan Charger Original


Tidak menggunakan charger original dalam mengisi daya akan menyebabkan kerusakan battery health iPhone. Sebenarnya kasus ini tidak hanya berlaku untuk iPhone, setiap produk elektronik yang tidak menggunakan original charger biasanya baterai akan lebih cepat rusak atau bocor. Selain itu, hal lain yang harus diketahui adalah terkait penggunaan fast charging.

Jika iPhone yang kamu miliki belum mendukung fitur fast charging, maka lebih baik tidak menggunakan jenis charger dengan fitur tersebut. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada battery health iPhone sehingga pastikan untuk menggunakan charger bawaan saat melakukan pengisian daya.

Perhatikan Penggunaan Aplikasi dan Fitur di iPhone


Cara efektif selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas battery health iPhone adalah dengan memperhatikan penggunaan aplikasi maupun fitur. Jangan terlalu banyak mengunduh aplikasi berat hingga menyalakan beberapa fitur yang bisa menguras baterai secara cepat.

Aktivitas aplikasi yang berat akan membuat suhu iPhone cepat panas dan mengurangi jumlah daya baterai secara drastis. Selain itu, ada beberapa fitur yang bisa menguras baterai saat digunakan seperti Wi-Fi, GPS, HotSpot, flashlight, dan lain sebagainya. Fitur-Fitur tersebut ada baiknya diaktifkan sesuai dengan kebutuhan saja.

Perhatikan Pengisian Daya


Dalam proses pengisian daya, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan pengguna sehingga battery health iPhone bisa tetap terjaga kualitasnya. Untuk lama pengisian daya, Apple sendiri sudah menyediakan fitur otomatis yang membuat pengisian daya telah penuh akan berhenti sejak iOS 13. Di samping itu, ada hal lain yang harus diperhatikan seperti intensitas pengisian daya.

Jangan terlalu sering melakukan pengisian daya terutama dalam jumlah daya yang sedikit. Hal ini akan mempengaruhi kualitas konektor. Pastikan juga iPhone yang digunakan dalam kondisi terisi baterai jika hendak tidak digunakan dalam waktu lama.