Handphone Samsung yang Menjadi Favorite di Tahun 2023 Lalu

Handphone Samsung yang Menjadi Favorite di Tahun 2023 Lalu

Handphone Samsung yang Menjadi Favorite di Tahun 2023 Lalu –  Samsung dipilih banyak orang karena beragam alasan. Mulai dari teknologi terdepan, citra mereknya yang kuat, hingga lini produk yang mendukung terciptanya ekosistem. Anda bisa menyimak artikel perbedaan seri HP Samsung untuk mengetahui secara lengkap lini produk smartphone yang mereka tawarkan. Dalam artikel ini saya dan tim akan menyajikan deretan HP Samsung terbaru tahun ini yang hadir secara resmi di Indonesia. Apa saja itu? Langsung saja simak deretan HP Samsung terbaru di tahun ini pada tabel berikut.

 Samsung Galaxy S23 Plus

Varian Plus pada Samsung Galaxy S23 series ini merupakan jembatan antara versi reguler dan Ultra. Ukuran layarnya jadi tergolong layak di masa sekarang yaitu 6,6 inci, alih-alih reguler yang hanya 6,1 inci. Menurut saya HP ini cocok untuk yang ingin merasakan aktivitas menonton yang imersif.

Sama seperti dua varian lainnya, HP ini juga ditenagai oleh dapur pacu Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang menjadi standar flagship baru di tahun 2023. Keseluruhan varian memori HP ini juga sudah berada dalam standar UFS 4.0, tidak seperti reguler yang masih membekali UFS 3.1 pada penyimpanan terendahnya.

Dimaksudkan untuk aktivitas all-rounder yang unggul di segala sisi, Samsung Galaxy S23 Plus dapat dijadikan sarana fotografi dengan hasil foto menakjubkan. Kinerjanya pun dirancang agar kuat menangani muatan beban yang begitu tinggi, seperti saat memainkan gim emulator ataupun ketika rendering di aplikasi pengedit video.

Satu hal yang saya pribadi merasa kurang “sreg” sama HP ini adalah desain bodi belakangnya yang alami kemunduran. Saat melihat Galaxy S22 reguler dan Plus, kita langsung mengetahui bahwa mereka berasal dari seri Galaxy S. Namun, bodi Galaxy S23 Plus dan reguler menurut saya terlewat “standar” dan membuat mereka agak mirip dengan Galaxy A series.

 Samsung Galaxy A34 5G

Samsung Galaxy A34 5G merupakan penerus langsung dari Galaxy A33. Ia hadir secara resmi di Indonesia pada Maret 2023, bersamaan dengan meluncurnya Galaxy A54. Smartphone kelas menengah ini menawarkan beberapa peningkatan dibanding pendahulunya. Misalnya, layar Super AMOLED yang lebih lebar dengan refresh rate 120 Hz, performa keseluruhan, dan daya tahan baterai. Untuk performa, SoC Dimensity 1080 yang digunakan sang ponsel mumpuni untuk multimedia maupun mobile gaming. Skor AnTuTu 9-nya ada di kisaran 500 ribu.

Masalah daya tahan baterai Galaxy A34 mampu bertahan 21 jam 27 menit dalam uji pemutaran video lokal GSM Arena. Bandingkan dengan Galaxy A33 yang cuma bisa bertahan 18 jam 3 menit. Hal menarik lain dari Galaxy A34 yakni adanya fitur khas HP kelas atas seperti sertifikasi ketahanan IP67, OIS, dan jaminan update software hingga lima tahun. Selain itu, ia juga punya speaker stereo untuk keperluan multimedia dan masih memiliki slot microSD hibrida sebagai opsi perluasan ruang simpan.

Di sisi lain, Galaxy A34 memiliki beberapa catatan yang mungkin jadi pengganjal. Misalnya, refresh rate layarnya belum adaptif, kamera depan belum bisa merekam video 1080p 60 fps, dan paket penjualannya tak disertai kepala charger. Desain HP ini pun saya rasa kurang kekinian. Selain bobotnya tak cukup ringan, layarnya masih memakai desain Infinity-U yang kurang modern. Desain itu sama seperti Galaxy A30 rilisan 2019.

 Samsung Galaxy S23 Ultra

Ingin memiliki HP flagship dari Samsung terbaru di tahun 2023, tapi terkendala soal dana? Tidak perlu khawatir, karena Samsung Galaxy S23 hadir dengan banderol harga yang paling murah dibandingkan varian Plus dan Ultra. Tidak mau ketinggalan dengan iQOO 11 series yang duluan dirilis, Samsung Galaxy S23 juga kini membawakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 dengan performa dan kemampuan fotografi yang meningkat.

Smartphone yang mendukung perekaman video 8K ini dilengkapi dengan persenjataan kamera luar biasa dalam format 50 MP + 10 MP + 12 MP. Sisi kamera depan yang punya resolusi 12 MP bahkan juga mendukung perekaman 4K di 60 FPS untuk memudahkan aktivitas kreasi konten pengguna.

Selain itu, ponsel dengan IP68 ini juga sama-sama membawakan standar UFS 4.0 seperti kedua kakaknya, sehingga pengalaman transfer data akan terasa lebih cepat. Namun untuk yang model penyimpanan 128 GB, masih menggunakan UFS 3.1. Desain bodi HP ini dan varian Plus terlihat berbeda dengan Ultra. Ini wajar, karena hanya Ultra yang membawakan DNA Galaxy Note series yang dimaksudkan untuk penggunaan S Pen.

Samsung Galaxy A24

Samsung Galaxy A24 – yang dirilis di Indonesia pada Mei 2023 – jadi salah satu pilihan menarik di harga 3 jutaan. Alasannya adalah desainnya minimalis, kemampuan kamera yang bagus, hingga performa mumpuni. Untuk aspek desain, Galaxy A24 tampil minimalis karena tak lagi ada modul kamera belakang di sisi belakang bodi.

Pilihan warnanya pun eye catchy, khususnya varian Silver dan Light Green. Di aspek kamera, fitur OIS pada kamera utama membuat Galaxy A24 terlihat mentereng. Pasalnya, OIS masih sangat jarang dijumpai di kelas harga 3 jutaan. OIS membuat tangkapan malam hari kamera utama HP ini jadi minim blur.

Urusan performa tak perlu diragukan lagi. SoC MediaTek Helio G99 yang mengotaki Galaxy A24 sudah kondang akan kemampuannya dalam menangani game berat. SoC ini pun dapat mengeluarkan potensi terbaiknya karena Galaxy A24 dibekali RAM 8 GB yang cukup besar.