12 Fitur Terbaik pada Handphone Iphone 15

12 Fitur Terbaik pada Handphone Iphone 15

12 Fitur Terbaik pada Handphone Iphone 15 – Seri iPhone 15 membawa beberapa fitur baru. Namun, ternyata banyak yang sudah ditemui pada HP Android. Apple resmi meluncurkan ponsel seri terbaru mereka, iPhone 15 dalam gelaran “Wonderlust”, Selasa (12/9). Meski sekilas tampak mirip dengan ponsel pendahulunya, iPhone 15 memiliki sejumlah fitur baru. Dalam acara peluncuran tersebut, Apple merilis iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max. Berikut fitur-fitur baru yang ada pada seri iPhone 15.

Kamera Zoom

Peningkatan kamera iPhone 15 Pro Max yang paling menonjol adalah kamera zoom 5x. Prinsip kerjanya serupa dengan kamera periskop yang sudah lama ada di HP Android seperti Oppo. Meski begitu, eksekusi Apple agak berbeda dari Android, karena sensor kameranya masih menghadap ke luar, bukan ke samping. Jadi ini bukan desain periskop, tetapi masih menggunakan prisma untuk memantulkan cahaya guna mengaktifkan zoom 5x Apple, seperti semua kamera periskop Android lainnya di luar sana. Perangkat Samsung Ultra masih menjadi salah satu ponsel kamera terbaik berkat kamera periskop 10x 10MP dan lensa tele 3x 10MP. Namun, diperkirakan iPhone akan menawarkan hasil yang kompetitif atau bahkan lebih unggul pada zoom 5x.

Baca Juga: 12 Fitur Terbaik pada Handphone Iphone 15

Tombol aksi

Model iPhone 15 Pro dikabarkan dilengkapi tombol aksi yang dapat disesuaikan seperti Apple Watch Ultra. Tombol tersebut akan menggantikan Dering/Hening yang sudah ada sejak model iPhone sejak 2007. Pengguna kemungkinan dapat menetapkan tombol tersebut ke berbagai fungsi sistem, seperti Dering/Hening, Jangan Ganggu, Senter, Mode Daya Rendah, dan banyak lagi.

Material titanium

Material iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max terbuat dari titanium grade 5 yang memungkinan bobot menjadi lebih ringan. iPhone 15 Pro memiliki berat 187 gram, sementara iPhone 15 Pro Max 221 gram. Apple mengklaim material titanium ini lebih tahan banting daripada stainless steel yang digunakan pada seri sebelumnya.

Chipset

Fitur baru lainnya di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max ada di sektor chipset. Kedua model iPhone anyar ini dibekali chipset baru, yakni A17 Pro, sebuah prosesor yang diklaim lebih efisien untuk perangkat Apple. Kehadiran chipset ini juga sejalan dengan pengisian daya USB-C yang lebih cepat dibanding dengan iPhone 15 reguler.

Mode Potret

Apple memuji kemampuan di iPhone 15 untuk kembali ke foto yang diambil dan mengubahnya menjadi foto potret. Namun sekali lagi, ini bukanlah hal baru untuk ponsel Android. Google Foto menawarkan kemampuan untuk mengubah foto lama menjadi potret melalui saran ‘latar belakang buram’ atau alat potret.

Bahkan di Google Foto menawarkan saran “latar belakang buram” untuk pengambilan gambar tertentu, misalnya, jepretan orang dengan latar belakang yang jelas, serta alat potret khusus di rangkaian pengeditan. Alat-alat ini juga berfungsi secara offline, jadi pengguna tidak memerlukan koneksi internet untuk mengubah foto yang ada menjadi foto potret.

Dekode AV1 dan Ray Tracing

Chip A17 Pro Apple tampak seperti prosesor ponsel cerdas yang super bertenaga. Namun Apple juga menawarkan beberapa fitur terkait chip yang telah kita lihat di ponsel Android selama beberapa waktu terakhir.  Bahkan chipset lini iPhone 15 Pro membawa dua fitur hardware yang pertama kali muncul di Android. Apple menawarkan decoding AV1 pada ponsel Pro. Hal ini memungkinkan kualitas pemutaran video yang sama pada ukuran file yang lebih kecil atau peningkatan kualitas untuk ukuran file yang sama. Banyak ponsel Android terbaru menawarkan fitur ini, dan Netflix serta YouTube juga menawarkan streaming AV1.

Faktanya, MediaTek Dimensity 1000 tahun 2019 adalah prosesor smartphone pertama yang menawarkan decoding AV1. Sementara itu, seri Pro Apple juga menghadirkan ray tracing. Teknologi ini memungkinkan pencahayaan, bayangan, dan pantulan yang lebih realistis dalam video game. Chip Samsung Exynos 2200 tahun lalu (digunakan pada seri Galaxy S22 Eropa) adalah SoC seluler pertama yang menawarkan penelusuran sinar yang mendukung perangkat keras. Teknoogi tersebut juga hadir pada prosesor Snapdragon 8 Gen 2 dan MediaTek Dimensity 9200.

Wi-Fi 6E

Seperti Mac dan iPad Pro terbaru, iPhone 15 Pro akan mendukung Wi-Fi 6E untuk kecepatan nirkabel yang lebih andal.

Pengaturan Fokus

Apple iPhone 15 memfokuskan kembali fungsionalitasnya. Perusahan juga memuji kemampuan baru iPhone untuk mengalihkan fokus gambar. Fitur ini cukup berguna dalam beberapa situasi, dan memberi Anda lebih banyak kebebasan berkreasi dalam prosesnya. Refocusing atau memfokuskan kembali gambar bukanlah hal baru. Ini sudah sulu ada Nokia, Samsung, HTC, dan lainnya.

Fitur refocusing sudah kita lihat di ponsel Android selama bertahun-tahun. Fitur tersebut sebenarnya memulai debutnya pada seri Nokia Lumia pertama kali pada tahun 2013 melalui aplikasi Refocus, sementara HTC One M8 tahun 2014 menawarkan fitur ini berkat sensor kedalaman belakang. Namun ponsel seperti Huawei (mode aperture lebar), LG (Magic Focus), Samsung (Selective Focus), dan banyak lagi telah menawarkan opsi ini selama bertahun-tahun.

Peningkatan Ram

Model iPhone 15 Pro akan dilengkapi RAM 8 GB yang ditingkatkan, menurut perusahaan riset Taiwan TrendForce. Sementara itu, model standar kemungkinan akan terus memiliki RAM 6 GB seperti yang ada saat ini.

Action Button

Action Button menjadi salah satu pembaruan di iPhone 15 Pro. Dengan tombol ini, pengguna bisa mengakses beberapa aplikasi dengan gestur tekanan yang berbeda-beda.  Tombol semacam ini sudah tersedia selama bertahun-tahun di ponsel Android, seperti Samsung. Bahkan, BlackBerry pernah menawarkan tombol yang dapat diprogram pada akhir tahun 2010-an.

USB-C

Apple akhirnya beralih ke USB-C di iPhone-nya. Fitur ini muncul setelah hampir tujuh tahun ponsel Android pertama menggunakan port tersebut. Model iPhone 15 standar menawarkan kecepatan USB 2.0, sejalan dengan ponsel Android kelas bawah dan menengah. Namun perangkat Pro menghadirkan kecepatan USB 3, yang secara umum setara dengan perangkat andalan Google dan Samsung.

Video 3D

Headset Apple Vision Pro akan dirilis pada tahun 2024, dan Apple menghadirkan apa yang disebut Spatial Videos ke lini iPhone 15 Pro. Ini merupakan sebutan untuk video 3D, dan sesuatu yang pernah dilihat di ponsel Android sebelumnya. Faktanya, ponsel seperti HTC Evo 3D dan LG Optimus 3D menawarkan kemampuan merekam video 3D pada tahun 2011. Belum banyak ponsel besar yang mendukung fungsi ini sejak saat itu, kecuali RED Hydrogen One yang bernasib buruk pada tahun 2018.